Cipta
Vol 2, No 3 (2024): Cipta

Perancangan buku ilustrasi serial mengenai benda luar angkasa sebagai media edukasi alam

Tansa Alifah (Universitas Indraprasta PGRI)
M. Iqbal Qeis (Universitas Indraprasta PGRI)
Yuni Zaharani (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Penyebaran mitos dan hoaks terkait astronomi kerap terjadi, menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran masyarakat. Pada tahun 2015, beredar kabar asteroid terbesar akan menabrak bumi antara tanggal 15-28 September 2015 yang akan menyebabkan kiamat (Walidah, 2017: 327). Kurangnya edukasi dan pengetahuan dasar masyarakat tentang astronomi menyebabkan mudahnya konsumsi serta penyebaran mitos dan hoaks. Tujuan penelitian adalah merancang Buku Ilustrasi Serial Mengenai Benda Luar Angkasa sebagai Media Edukasi Alam untuk mengenalkan benda-benda langit kepada anak-anak, dan mencegah misinformasi tentang astronomi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan studi pustaka, observasi online (website, Youtube, media sosial), dan wawancara. Hasil yang dicapai adalah buku serial ilustrasi berjudul Mengenal Benda-Benda Luar Angkasa dengan ukuran 20 x 20 cm yang ditujukan untuk anak usia 6-12 tahun, dengan status ekonomi menengah ke atas, yang gemar membaca. Konsep desain menggunakan ilustrasi dekorasi, kartun, dan ilustrasi khayalan. Menggunakan warna dominan gelap yang menginterpretasikan luar angkasa serta menggunakan huruf Baloo 2 dan Fredoka One. Buku ilustrasi serial ini diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan mengedukasi tentang astronomi di kalangan anak-anak serta mencegah misinformasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cipta

Publisher

Subject

Arts

Description

CIPTA adalah jurnal ilmiah yang secara khusus membahas tentang proses penciptaan sebuah karya, baik itu karya seni, desain, film, fotografi dan berbagai jenis bidang lain yang melalui proses kreatif dalam penciptaannya. Ruang lingkup jurnal ini meliputi: Tipografi, Branding, Design Thinking, Budaya ...