Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap Kualitas pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan Kota Prabumulih, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan administrasi di Kelurahan Sukaraja Kecamatan Prabumulih Selatan Kota Prabumulih. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, kuesioner, dokumentasi dan studi pustaka. Kajian ini menyimpulkan bahwa Analisis persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan administrasi di Kelurahan Sukaraja menunjukkan skor rata-rata 41,48, yang menunjukkan kepuasan umum yang memadai. Dimensi “Empathy” mendapat penilaian tertinggi, sementara “Tangible” dinilai rendah, menandakan perlunya perbaikan pada fasilitas. Walaupun dimensi “Reliability”, “Responsiveness”, dan “Assurance” juga positif, ada ruang untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan pelayanan. Validitas dan reliabilitas kuesioner dinyatakan baik. Perbaikan pada fasilitas, disiplin pegawai, dan pelatihan sikap diperlukan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat dan efektivitas pelayanan di Kelurahan Sukaraja.
Copyrights © 2024