Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik (JUMATI)
Vol. 1 No. 5 (2024): Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik (JUMATI)

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, SALES GROWTH DAN PROFITABILITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK

Muhamad, Fadel (Unknown)
Kuntadi, Cris (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2024

Abstract

Agresivitas pajak merupakan salah satu upaya perusahaan atau pihak manajemen dalam meminimalisir dan menekan beban pajak yang dibayarkan kepada pemerintah. Namun, semakin banyak celah yang digunakan oleh perusahaan maka perusahaan diindikasi akan semakin agresif terhadap pajak. Semakin tinggi penghasilan yang diperoleh perusahaan, maka akan semakin besar pajak yang terutang. Artikel ini mereview faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas pajak, yaitu corporate social responsibility, sales growth dan profitability suatu studi literatur akuntansi perpajakan. Tujuan penulisan artikel ini guna membangun hipotesis pengaruh antar variabel untuk digunakan pada riset selanjutnya. Metode penulisan artikel ilmiah ini adalah dengan metode kualitatif dan kajian literatur (literature review) dengan meneliti teori dari setiap variabel dan pengaruh antar variabel dari jurnal secara online yang bersumber dari Mendeley, Scholar Google dan media online lainnya. Hasil artikel literature review ini adalah: 1) corporate social responsibility berpengaruh terhadap agresivitas pajak; 2) sales growth berpengaruh terhadap agresivitas pajak; dan 3) profitability berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Logistik (JUMATI) merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Cipta Kind Publisher. JUMATI merupakan jurnal ilmiah yang terbit secara on-line dan menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil penelitian dalam bidang Manajemen, Akuntansi dan Logistik. Pernyataan kode ...