Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan mutu taruna, baik dalam proses pembelajaran maupun mutu lulusan, sehingga AAL mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap pakai dalam dinas kedinasan. Penelitian dilakukan terhadap 90 taruna angkatan 61 dengan data hasil tes pada saat rekrutmen sebagai X1 dan data nilai tes pada saat seleksi korps sebagai kualitas lulusan. Analisis penelitian menggunakan regresi, uji t, ANOVA dan SEM. Hasil Penelitian: 1) Secara terpisah: a) terdapat pengaruh hasil akademik terhadap prestasi akademik semester 1 dan 2. b) Tidak terdapat pengaruh tes kesehatan dan kebugaran jasmani terhadap prestasi kebugaran jasmani semester 1 dan 2. c) Ada tidak ada pengaruh antara hasil psikotes terhadap nilai kepribadian semester 1 dan 2. d) Terdapat pengaruh antara hasil akademik dan nilai ujian korps semester 1 dan 2 terhadap hasil akademik semester 3. e) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil akademik dengan nilai ujian korps semester 1 dan 2. 2 terhadap hasil akademik semester 3 sampai semester 8. f) Terdapat pengaruh tes kebugaran jasmani terhadap tes kebugaran jasmani semester 3 sampai semester 8. g) Tidak ada pengaruh signifikan nilai ujian korps terhadap nilai kepribadian semester 3 sampai semester 8. 2) Pengaruh kolektif : a) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel masukan terhadap hasil proses belajar (akademik, kesehatan jasmani dan kepribadian). b) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil proses pembelajaran dengan mutu lulusan. c) Terdapat pengaruh yang signifikan antara tes rekrutmen dengan tes korps. d) Seluruh variabel mulai dari proses rekrutmen, tes korps dan proses pembelajaran saling terintegrasi dan dapat mempengaruhi kualitas lulusan. 3) Menyajikan hasil uji beda: a) Terdapat perbedaan proses pembelajaran yang signifikan antara taruna asal Pulau Jawa dengan taruna luar Pulau Jawa. b) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam proses pembelajaran antara taruna SMA Taruna Nusantara dengan SMA lainnya. c) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil proses pembelajaran dengan hasil tes penentuan korps.
Copyrights © 2024