Jurnal Inspiration
Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Inspiration Volume 1 Issue 2

E-Commerce Sebagai Solusi Pemasaran Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)

Syaharullah Disa (Program Studi Sistem Informasi, STMIK AKBA, Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2011

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan ide-ide apa sajakah yang mendorong UMKM menggunakan e-Commerce dalam kepentingan bisnis dan seberapa besarkah manfaat  yang telah diperoleh jika UMKM telah menerapkan e-Commerce. Dengan menggunakan e-Commerce kita dapat memperoleh beberapa keuntungan yang meliputi layanan konsumen dan citra perusahaan menjadi baik, menemukan partner bisnis baru, proses menjadi sederhana dan waktu dapat dipadatkan, dapat meningkatkan produktivitas, akses informasi menjadi cepat, penggunaan kertas dapat diminimalkan, biaya transportasi berkurang dan fleksibilitas bertambah.  Faktor trust merupakan salah satu faktor kritis dalam e-Commerce, terutama menyangkut competence trust dan goodwill trust. Transaksi melalui internet tidak bisa jalan tanpa adanya faktor kepercayaan. Faktor kepercayaan ini sangat sukar dibangun, namun sangat mudah sekali dirusak. Oleh karena itu dibutuhkan tiga faktor utama dalam rangka membangun dan mempertahankan trust, yaitu kepuasan pelanggan, reputasi dan itikad baik pemasok, serta pengakuan dari pihak ketiga.

Copyrights © 2011