Keandalan adalah kemampuan sistem untuk menyalurkan listrik ke pelanggan dalam standar dan jumlah yang sesuai atau sewajarnya. Dalam hal ini penulis membuat sebuah alat implementasi alat monitoring SAIDI dan SAIFI ia SMS dan IoT untuk membantu meningkatkan keandalan listrik, jika ada kerusakan ataupun masalah pada sistem penyaluran listrik pada pelanggan di panel listrik tegangan rendah 380 V/220 V, dapat ditangani lebih cepat oleh petugas lapangan PLN dengan sistem pesan SMS dan mempermudah mengambil data indeks bulanan/tahunan SAIDI dan SAIFI dengan menggunakan sistem penyimpanan rekap data SD card dan pada aplikasi Blynk sehingga memudahkan dalam melakukan eavaluasi, analisa dan peningkatan keandalan jaringan sistem tenaga listrik kedepannya khususnya di PT. Adra Gemilang Rayon Kota Bengkalis. Pada pengambilan data selama 2 minggu dari tanggal 15 hingga 29 juli pada PHBTR di sebelah GH Hangtuah Jl. Rumbia, didapati 4 kali gangguan dengan rata-rata waktu gangguan 72,865 menit dan laju perbaikan 0,0137240102, selisih waktu dari pengiriman waktu pesan SMS dengan waktu data SD card selama 4 kali gangguan dengan rata-rata waktu 151,175 menit.
Copyrights © 2022