The aim of this research is to analyze the difference in expertise between psychologists Dian and Putri on customer satisfaction at the Psychology Service Bureau (BLP) Lentera and Bunga. This explanatory research aims to explain and analyze the relationship between the research variable expertise and customer satisfaction. The research method is used to understand the cause-and-effect relationship between variables in the study. The research uses a sample of 50 respondents taken from the BLP Lentera and BLP Bunga client populations using purposive sampling. The sample characteristics selected are clients who are at least 19-40 years old and have undergone counseling with psychologists Dian and Putri at BLP Lentera or BLP Bunga, both offline and online. The data analysis technique in this study uses a difference test, supported by Validity Test, Reliability Test, and Simple Linear Regression Test. The hypothesis test is conducted using the t-test with the SPSS 26 program. The results show that there is a significant difference in the expertise of psychologists Dian and Putri on customer satisfaction. Furthermore, there is a significant influence between consumer perceptions of the expertise of psychologists Dian and Putri on customer satisfaction. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan expertise psikolog Dian dan psikolog Putri terhadap customer satisfaction pada Biro Layanan Psikologi (BLP) Lentera dan Bunga. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis hubungan antara variabel expertise penelitian dengan customer satisfaction. Metode ini digunakan untuk memahami hubungan sebab-akibat antar variabel dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 50 responden yang diambil populasi klien BLP Lentera dan BLP Bunga. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling. Karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 19 – 40 tahun dan klien yang pernah melakukan konseling bersama psikolog Dian dan psikolog Putri di BLP Lentera maupun BLP Bunga, baik konseling secara offline maupun online. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji beda, yang ditunjang dengan Uji Validitas, Uji Reliabillitas, dan Uji Linear Regresi Sederhana. Uji hipotesis dilakukan menggunakan Uji-t dengan menggunakan program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan atas expertise psikolog Dian dan Psikolog Putri terhadap customer satisfaction. Kemudian terdapat pengaruh signifikan antara persepsi konsumen atas expertise psikolog Dian dan psikolog Putri terhadap customer satisfaction.
Copyrights © 2023