Retail shop business in Indonesia improves every year, and this signifies the increasing competition among the stores. Such rivalry urges the retail shops to manage problems related to consumer’s purchase decision. The businesses will be able to attract consumers more easily if they know how their clients choose and consume products. The objective of this research is to identify how far goods completeness, price, and service quality simultaneously and partially influence the purchase decision. Using Roscoe’s method, the sample of this quantitative descriptive study was set to 40 people; they are the customers of Tosca Mart. The data analyses were performed utilizing multiple linear regression, t-test, F-test, and coefficient of determination test. The results indicate that goods completeness positively and insignificantly influences people’s decision to purchase their needs from Tosca Mart, that service quality positively and significantly affects the said purchase decision, that price positively and significantly influences the purchase decision, and that goods completeness, service quality, and price have significant impacts on the purchase decision. Abstrak Usaha jenis toko ritel di indonesia kian meningkat setiap tahunnya, hal ini menandakan bahwa persaingan toko ritel toserba semakin ketat. Persaingan ini menjadikan perusahaan toko ritel harus dapat mengelola masalah-masalah yang berhubungan dengan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Perusahaan akan dapat lebih mudah menarik minat beli konsumen untuk membeli dengan mengetahui bagaimana konsumen memilih dan mengkonsumsi suatu produk.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelengkapan barang terhadap keputusan pembelian konsumen, seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen, seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan seberapa besar pengaruh kelengkapan barang, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian desktiptif kuantitatif dengan jumlah sampel 40 orang pelanggan Tosca Mart yang telah ditetapkan dengan metode Roscoe. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji-t, uji-f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak signifikan dan positif antara variabel kelengkapan barang terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel kualitas pelayanan menunjukkan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel harga menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel kelengkapan barang, kualitas pelayanan, dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Tosca Mart.
Copyrights © 2024