Kepercayaan diri diperlukan dalam semua sendi kehidupan, meskipun demikian kepercayaan diri siswa terlihat masih kurang. Hal ini tertampil antara lain pada banyaknyak siswa yang merasa takut dan malu untuk menyampaikan pendapat mereka selama kegiatan belajar mengajar. Kurangnya kepercayaan diri membuat siswa kesulitan dalam mengambil keputusan dan cenderung bergantung oada orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri remaja siswa SMP XYZ. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan metode kuantitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMP XYZ di Bekasi sebanyak 70 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kepercayaan diri dalam kategori rendah (51,5%), sedangkan hanya 28,5% siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Berdasarkan hal tersebut program pengembangan kepercayaan diri perlu dibuat baik dari pihak sekolah maupun dukungan dari keluarga dan lingkungan sehingga para siswa dapat mengembangkan dirinya secara lebih optimal.
Copyrights © 2024