INTEKNA
Vol 24 No 1 (2024): Jurnal INTEKNA, Volume 24, No. 1, Mei 2024

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WHITENING AND BRIGHTENING DI BANJARMASIN

Rina (Unknown)
Risnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor kebiasaan dalam membeli produk (X1), memberikan rekomendasi kepada orang lain (X2), melakukan pembelian ulang (X3), iklan (X4) dan harga (X5) terhadap keputusan pembelian produk kosmetik whitening and brightening di Banjarmasin dan untuk menganalisis faktor yang memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam keputusan pembelian produk whitening and brightening di Banjarmasin. Dimana dalam penelitian ini tidak membandingkan keputusan pembelian tiap produk, tetapi hanya ingin menganalisis faktor apa saja yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik brightening dan whitening dan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap masing-masing merek produk tersebut. Dalam metode ini penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan sebanyak 120 responden yang terdiri 40 responden sari ayu kosmetik, 40 responden mustika ratu kosmetik, dan 40 responden Wardah kosmetik. Dengan menggunakan kuota sampling dimana teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji validitas, uji reabilitas, dan uji t (uji parsial) dimana hasil penelitian ini adalah untuk produk sari ayu adalah semua variabel terikat berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat karena t hitung semua variabel bebas > 1,69092 dengan signifikansi < 0,05 dan yang paling besar pengaruhnya adalah variabel X2 yaitu memberikan rekomendasi kepada orang lain. Untuk produk mustika ratu yaitu X1, X2, X4 dan X5 berpengaruh secara signifikan terhadap Y karena t hitung > t tabel (1,69092) dengan signifikansi < 0,05. Sedangkan X3 tidak berpengaruh signifikan terhadap Y karena t hitung (-1,502) > t tabel (1,69092) dengan signifikansi > 0,05 dan variabel yang paling dominan berpengaruh adalah X5 yaitu harga. Untuk produk Wardah yaitu X1, X2, X3, dan X5 berpengaruh signifikan terhadap Y karena t hitung (2,310) > t tabel (1,69092) dengan signifikansi (0,027) < 0,05. Sedangkan X4 tidak berpengaruh signifikan terhadap Y karena t hitung (-1,158) < t tabel (1,69092) dengan signifikansi (0,255) > 0,05 dan variabel yang paling berpengaruh dominan adalah X3 yaitu melakukan pembelian ulang

Copyrights © 2024