Riset ini untuk menguji pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap penurunan kecemasan mahasiswa S1 fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta dalam mempelajari bahasa Inggris. Partisipan dalam riset ini berjumlah 8 orang yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Karakteristik partisipan dalam riset ini adalah Mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah bahasa Inggris, mengalami kecemasan dengan kategori tinggi dan sedang dalam mempelajari bahasa Inggris berdasarkan hasil screening dari skala kecemasan mempelajari bahasa Inggris, level bahasa Inggris A1 atau skor TOEFL minimal 300, bersedia mengikuti proses riset yang ditunjukkan dengan inform consent dan tidak sedang mendapatkan intervensi/psikoterapi apapun. Pengukuran kecemasan dilakukan dengan menggunakan skala kecemasan mempelajari bahasa Inggris. Hasil riset uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0.027, p < 0.05, sementara nilai rata-rata tingkat kecemasan mempelajari bahasa Inggris sebelum diberikan perlakuan efikasi diri (pretest) adalah 3.078 dan setelah diberikan perlakuan efikasi diri (posttest) yaitu 2.621 yang berarti pelatihan efikasi diri berhasil menurunkan tingkat kecemasan mempelajari bahasa Inggris pada kelompok eksperimen. Lebih lanjut lagi hasil analisis uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0.021, p (0.021) < 0.05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan mempelajari bahasa Inggris yang signifikan antara kelompok eksperimen (mean=2.621) dan kelompok kontrol kontrol (mean=2.466)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024