Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat
Vol 12, No 3 (2023): September, 2023

PENINGKATAN KUALITAS MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE IQRO’ DAN MEDIA VISUAL DI TPA NURUL IMAN DESA LUWUK KIRI

Jamaludin, Mohammad (Unknown)
Hapsah, Nabilla (Unknown)
Wati, Lina (Unknown)
Fitri, Dinda Adzmilia (Unknown)
Fikriadi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2023

Abstract

Pengajaran Al-Qur'an membutuhkan keseriusan dan perhatian yang lebih dari tiap-tiap guru mengaji untuk mencari cara yang terbaik dalam mengajarkan Al-Qur'an kepada anak-anak. Ketika pengabdi melakukan observasi di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Nurul Iman Desa Luwuk Kiri, pengabdi menemukan beberapa permasalahan yaitu masih banyak anak-anak TPA Nurul Iman yang belum bisa membedakan huruf hijaiyah secara tepat dan akurat, belum bisa melafalkan makhrajul huruf secara benar, belum bisa membedakan bacaan pendek dan panjang, juga belum bisa membedakan bacaan kasrah, dhammah dan fathah. Permasalahan ini terjadi karena di TPA Nurul Iman tidak menggunakan metode pembelajaran saat proses pembelajaran Al-Qur’an, juga karena kurangnya penggunaan media pembelajaran saat belajar. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, pengabdi menawarkan untuk menggunakan metode Iqra’ dan media visual dalam pembelajaran al-Qur’an di TPA Nurul Iman dengan alasan karena metode dan media ini sangat cocok dan sesuai dengan anak-anak. Dalam pengabdian ini pengabdi menggunakan pendekatan edukatif dan partisipatif. Adapun hasil dari penerapan metode iqro dan media visual ini memberikan pengaruh yang baik bagi anak-anak TPA Nurul Iman. Pengaruh tersebut diantaranya: anak-anak menjadi lebih tertarik dengan materi yang diberikan, meningkatnya semangat dan antusias belajar anak-anak, dan anak-anak TPA Nurul Iman tidak cepat bosan ketika mengikuti pembelajaran.

Copyrights © 2023