Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi dari saluran pemasaran ayam pedaging. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 25 sampel peternak, 2 sampel pedagang besar, dan 4 sampel pedagang pengecer di Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Untuk mengetahui pola saluran pemasaran dan lembaga-lembaga yang terlibat pada pemasaran ayam pedaging di Kecamatan Kota Waingapu, dilakukan analisis deskriptif. Kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui margin pemasaran dan efisiensi pemasaran dari setiap saluran pemasaran. Hasil analisis saluran pemasaran menggambarkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran ayam pedaging di Kecamatan Kota Waingapu Kabupaten Sumba Timur. Saluran pemasaran I: peternak – konsumen akhir. Saluran pemasaran II: peternak – pedagang pengecer – konsumen akhir. Saluran pemasaran III: peternak – pedagang besar – konsumen akhir. Saluran pemasaran IV: peternak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir. Margin pemasaran dari saluran pemasaran I adalah Rp 0/Kg. Margin pemasaran dari saluran pemasaran II adalah Rp 11.980/Kg. Margin pemasaran dari saluran pemasaran III adalah Rp 9.024/Kg. Margin pemasaran dari saluran pemasaran IV adalah Rp 14.024/Kg. Saluran pemasaran I, II, dan III berada pada kategori efisien dengan nilai persentase margin berada diantara 0 – 33%, sedangkan saluran pemasaran IV berada pada kategori kurang efisien dengan nilai persentase margin berada diantara 34 – 67%.
Copyrights © 2023