CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science)
Vol 9, No 2 (2024): July 2024

Perbandingan Metode AHP dan AHP-SAW untuk Analisis Prioritas Pemilihan Sekolah Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan

Wijaya, Sri Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Dewasa ini, masyarakat semakin kritis dan selektif dalam memilih sekolah. Seiring peningkatan kebutuhan SDM yang kompetitif dalam persaingan global, kualitas pendidikan pun menjadi perhatian utama seluruh dunia. Di Indonesia, kualitas sekolah dinilai dari mutu penyelenggaraannya melalui pemenuhan delapan (8) standar nasional pendidikan (SNP) yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Pemenuhan SNP, selain dijadikan indikator penilaian mutu suatu sekolah oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN), juga menjadi tolok ukur bagi para orangtua peserta-didik dalam menentukan sekolah pilihan melalui peninjauan status akreditasi nya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi para orangtua calon peserta-didik dalam memilih sekolah. Proses analisis dimulai dengan pengimplementasian metode AHP untuk pembobotan persepsi pada status akreditasi dan nilai delapan standar SNP pada setiap sekolah, kemudian hasil pembobotan tersebut dijadikan acuan dalam proses perangkingan alternative sekolah-sekolah terpilih. Pada proses perangkingan, selain menggunakan metode AHP juga dilakukan dengan metode hybrid AHP-SAW. Pada proses akhir, keakuratan hasil perangkingan kedua metode tersebut diuji melalui pencocokan dengan nilai akreditasi sekolah dari BAN pada pusat data DAPODIK. Hasil perbandingan perangkingan menggunakan metode AHP-SAW menunjukan lebih sesuai dengan nilai dari BAN, dan 20% lebih akurat dibanding hasil perangkingan menggunakan AHP saja. Sehingga, pembobotan preferensi delapan standar SNP menggunakan AHP dan perangkingan sekolah yang di hasilkan dari metode hybrid AHP-SAW bisa dijadikan bahan representasi kualitas sekolah, baik untuk rekomendasi pemilihan sekolah bagi orangtua maupun sebagai indikator peningkatan mutu bagi sekolah-sekolah di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cess

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) contains articles on research results and conceptual studies in the fields of informatics engineering, computer science and information systems. The main topics published include: 1. Information security 2. Computer security 3. Networking & ...