Sistem Pendukung Keputusan (SPK) digunakan untuk memprediksi kerusakan smartphone di Pioneer Service menggunakan Algoritma C4.5. Pioneer Service merupakan salah satu jasa layanan perbaikan handphone yang setiap harinya menerima berbagai macam keluhan kerusakan handphone. Masalah yang dihadapi oleh Pioneer Service adalah banyaknya faktor yang mempengaruhi kerusakan pada handphone dan waktu yang diperlukan untuk menentukan jenis kerusakan pada handphone tersebut. Kendala lainnya adalah ketika pelangga membutuhkan handphone kembali berfungsi dengan cepat. Permasalahan pada Pioneer Service dapat diselesaikan dengan membuat suatu Sistem Pendukung Keputusan berbasis web dengan menerapkan metode Algoritma C4.5. Aplikasi yang dirancang menggunakan Visual Studio Code dan MySQL sebagai database. Metodologi evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini mlibatkan pengujian sistem terhadap dataset keluhan kerusakan handphone untuk mengukur akurasi prediksi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan yang dirancang dapat meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan. Penerapan metode algoritma C4.5 telah berhasil meningkatkan akurasi prediksi kerusakan handphone. Penerapan praktis dari Sistem Pendukung Keputusan ini juga diperjelas dengan integrasi sistem dalam operasional Pioneer service, memastikan manfaatnya dalam meningkatkan efisiensi layanan dan kepuasan pelanggan secara konsisten.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024