Almal Laundry adalah layanan jasa laundry yang berencana mengadopsi aplikasi mobile untuk memaksimalkan proses sistem informasi dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Mengadopsi aplikasi mobile salah satu langkah strategis bagi banyak bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan. Namun, terdapat kekhawatiran mengenai penerimaan penggunaan aplikasi yang lambat oleh karyawan dan pelanggan. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan pendekatan User-Centered Design dengan tujuan mengusulkan perancangan desain UI/UX yang berfokus pada pengalaman pengguna untuk meminimalisir resistensi dan kesulitan penggunaan oleh karyawan dan pelanggan. Penelitian ini melibatkan beberapa tahapan, yaitu pemahaman konteks penggunaan melalui wawancara dan kuesioner, identifikasi kebutuhan pengguna, perancangan solusi desain menggunakan tools Figma, hingga evaluasi prototype. Aplikasi dirancang sesuai dengan tahapan dan kebutuhan pengguna serta diuji menggunakan metode System usability scale (SUS) pada 27 pengguna. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata sebesar 87,12%. Berdasarkan interpretasi skor SUS, aplikasi mendapatkan nilai Adjective Rating “Excellent” dan Grade Scale B yang bersifat acceptable. Hasil tersebut menunjukkan bahwa prototype yang dihasilkan memiliki tingkat usabilitas tinggi dan diterima dengan baik oleh pengguna yang diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan juga meningkatkan kepuasan dari para pelanggan.
Copyrights © 2024