Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem pada kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA 1 sampai X MIPA 7. Sampel yang diambil dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 7. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang sudah tervalidasi yaitu berupa angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, untuk uji prasyarat analisis, serta uji korelasi bivariat untuk uji hipotesisnya. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara metakognitif dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,621 yang termasuk kedalam kategori kuat, kemudian didapat juga nilai koefisien determinasi (R2) sebesar, 0,385 atau 38,5%. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi antara metakognitif dengan hasil belajar peserta didik. Abstract. The purpose of this study was to determine the correlation between metacognitive and student learning outcomes on ecosystem material in class X Science at SMA Negeri 6 Tasikmalaya City. This research was conducted in April 2021. The research method used was correlational with the population, namely all students of class X Science 1 to X Science 7. The sample was taken using purposive sampling technique, namely class X Science 1 and X Science 7. The instrument used was used in this study is a validated instrument in the form of a Metacognitive Awareness Inventory (MAI) questionnaire. The data analysis technique used is the normality test, to test the analysis prerequisites, and the bivariate correlation test to test the hypothesis. Based on the results of the research analysis, it can be concluded that there is a correlation between metacognitive and learning outcomes with a correlation coefficient (R) of 0.621 which is included in the strong category, then the coefficient of determination (R2) is 0.385 or 38.5%. So it can be said that there is a correlation between metacognitive and student learning outcomes.
Copyrights © 2023