Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Teknologi Terapan & Sains

GAME EDUKASI PUZZLE FUN ANIMAL MENGGUNAKAN METODE SHUFFLE RANDOM BERBASIS ANDROID

Muthmainnah, Muthmainnah (Unknown)
Saptari, Mochamad Ari (Unknown)
Munandar, Aris (Unknown)
Qamal, Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat game puzzle edukasi berbasis Android yang menggunakan metode shuffle random untuk anak usia 5-7 tahun. Tujuan lainnya adalah untuk menerapkan metode tersebut ke dalam game puzzle, sehingga setiap sesi puzzle dapat memberikan pengalaman yang berbeda pada setiap permainan. Metode yang digunakan adalah pembuatan game puzzle melalui proses demi proses, desain dan pembuatan animasi menggunakan program Game engine unity 3D, dan pengujian menggunakan teknik Blackbox. Game ini terdiri dari 10 level, dengan 5 level pada setiap game, yaitu drag and drop puzzle dan match up puzzle. Pada setiap level terdapat tantangan seperti skor dan waktu sehingga anak lebih tertantang dalam bermain dan dapat mengasah keterampilan kognitif dan motoriknya. Game ini juga dilengkapi dengan tampilan antarmuka yang menarik dan mudah dipahami oleh pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan game edukasi puzzle yang dapat membantu meningkatkan keterampilan anak-anak dan memberikan alternatif cara belajar yang menyenangkan.Kata Kunciā€Game, Puzzle, Fun Animal Puzzle, Unity 3D, Shuffle Random

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tts

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Terapan & Sains 4.0 merupakan media informasi dan komunikasi para akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan teknologiyang berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis mengenai ilmu-ilmu keinformatikaan. ...