Latar belakang: Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kanker dalam payudara wanita. Karena kanker payudara dapat dicegah bila diketahui sejak dini. SADARI direkomendasikan dilakukan setiap bulan yaitu 7-10 hari setelah menstruasi. Di SMAN 1 Cariu dengan jumlah remaja putri kelas XII sebanyak 196 siswi, seluruh siswi diperbolehkan membawa Handphone dan penggunaan media internet yang paling sering digunakan untuk mencari informasi adalah google. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan dan penggunaan media berbasis internet dengan kesadaran melakukan SADARI di SMAN 1 Cariu. Metode Penelitian: Penelitian ini yaitu bersifat kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 196 siswi kelas XII di SMAN 1 Cariu. Uji statistik menggunakan uji chi-square. Hasil Penelitian: Dari 196 remaja putri dengan kategori pengetahuan cukup sebanyak 66 siswi (68.8%) tidak melakukan SADARI dan sebanyak 30 siswi (31.3%) dengan pengetahuan cukup melakukan SADARI. dari 196 remaja putri dengan penggunaan media berbasis internet yang menggunakan sebanyak 133 siswi (70.0%) tidak melakukan SADARI dan sebanyak 57 siswi (30.0%) dengan penggunaan media berbasis internet yang menggunakan dapat melakukan SADARI. Menunjukkan dimana tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan kesadaran melakukan SADARI di SMAN 1 Cariu dengan nilai (p-value= 0,793), dan tidak ada hubungan antara penggunaan media berbasis internet dengan kesadaran melakukan SADARI Di SMAN 1 Cariu dengan nilai (p-value= 0,256). Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara pengetahuan dan penggunaan media berbasis internet dengan kesadaran melakukan SADARI di SMAN 1 Cariu. Saran: Remaja putri diharapkan untuk memanfaatkan media internet sebaik mungkin untuk mencari informasi mengenai SADARI dan dapat bertanya kepada tenaga kesehatan tentang tujuan dan manfaat melakukan SADARI.  Background: Breast self-examination (BSE) aims to determine the presence or absence of cancer in a woman’s breast. Because breast cancer can be prevented if known early. BSE is recommended to be done every month, 7-10 days after menstruation. In SMAN 1 Cariu with number of XII grade female adolescents as many as 196 students, all students are allowed to bring cellphones and the use of internet-based media that is most often used to search fo information is google. Research objective: To determine the relationship between knowledge and the use of internet-based media with the awareness of doing BSE at SMAN 1 Cariu. Research Method: This research is quantitative using a cross-sectional approach. Members of the sample in this research was 196 female students class XII at SMAN 1 Cariu. Statistical tests use the chi-square test. Research Results: Out of 196 famale adolescent, 66 students (68,8%) with sufficient knowledge do not perform BSE, while 30 students (31,3%) with sufficient knowledge do perform BSE. Among the 196 female adolescent who use internet-based media, 133 students (70,0%) do not perform BSE, whereas 57 students (30,0%) who use internet-based media do perform BSE. Shows where there is no relationship between knowledge with awareness of doing BSE at SMAN 1 Cariu with a value (p-value= 0.793), and there is no relationship between the use of internet-based media with awareness of BSE at SMAN 1 Cariu with a value (p-value= 0.256). Conclusion: There is no relationship between knowledge and the use of internet-based media with awareness of doing at SMAN 1 Cariu. Suggestion: Female adolescent are encouraged to utilze the internet effectively to search for information about BSE andconsult healthcare profesionals about the purpose and benefits of performing BSE.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024