Latar belakang penelitian ini didasari oleh masalah di SDN 1 Banjarsar, di mana banyak siswa tidak hafal surat pendek dan kurang termotivasi untuk belajar selama kegiatan pembelajaran. Kondisi ini melemahkan kemampuan siswa dalam menghafal surat pendek, padahal hal tersebut sangat penting untuk masa depan mereka. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game edukasi surat pendek di SDN 1 Banjarsar, kecamatan Ngajum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan kajian literatur. Dalam proses pengembangan game, digunakan metode Research and Development (R&D) karena dianggap cocok untuk tujuan ini. Game ini dikembangkan menggunakan Construct2, dengan bahasa pemrograman Java. Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode pengujian Black-box Testing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran surat pendek berbasis Android dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Uji coba memberikan skor 100 dari 11 tes, dengan game berhasil melewati semua pengujian tanpa kesalahan. Setelah tes selesai, aplikasi dinyatakan layak untuk digunakan dan dipublikasikan.
Copyrights © 2024