Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol. 21 No. 1 (2024): Edisi Januari 2024

EVALUASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA PADA ASPEK USABILITY DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE, HEURISTIC EVALUATION DAN THINK ALOUD: User Experience

Parwata, I Ketut (Unknown)
I Made Candiasa (Unknown)
Dewa Gede Hendra Divayana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha menggunakan aplikasi INLISLite 3.1 untuk memudahkan pelayanan dan pengelolaan perpustakaan. Aplikasi tersebut membantu perpustakaan dalam memonitoring tentang ketersediaan buku, daftar buku baru, peminjaman buku dan pengembalian buku. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengevaluasi keguanaan (usability) aplikasi untuk mengetahui tingkat efektifitas, kesalahan dan kepuasan pengguna, evaluasi respon terhadap sistem menggunakan User Experience Questionare (UEQ). Hasil uji respons dievaluasi dengan metode Heuristic Evaluation dan metode Think Aloud. Kemudian dilakukan analisis data sehingga akan menghasilkan data berbentuk kualitatif dan berbentuk kuantitatif. Data kualitatif berdasarkan evaluasi dengan metode Heuristic Evaluation dan metode Think Aloud terhadap pengguna sistem (end user) dan data kuantitatif berdasarkan pada pengujian respons pengguna. Hasil UEQ terhadap 25 pengguna menyatakan bahwa aspek kejelasan dan kebaruan mendapatkan hasil diatas rata-rata, yang artinya 25% produk dataset dianggap lebih baik, sedangkan 50% produk lainnya dianggap lebih buruk. Kemudian uintuk aspek Daya Tarik, Efisiensi, Ketepatan dan Stimulasi mendapat hasil yang baik, yang berarti 10% produk dataset dianggap lebih baik, sedangkan 75% produk lainnya dianggap lebih buruk. Hasil Heuristic Evaluation dilakukan oleh 3 evaluator ahli diketahui bahwa tidak ada permasalahan yang memiliki serverity rating tertinggi yang harus segera diperbaiki. Hanya ada minor problem sebanyak 2 permasalahan dan cosmetic problem sebanyak 8 permasalahan. Hasil Think Aloud terhadap 10 pengguna didapatkan masalah yang rata-rata mengalami masalah yang sama dalam penggunannya. Data yang telah diperoleh dari ketiga metode nantinya akan digunakan sebagai acuan rekomendasi perbaikan aplikasi dalam bentuk wireframe.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...