Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024

PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA: DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR

Balaweling, Marta Alfi Yulitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh persepsi siswa mengenai karakteristik guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 10 Kupang. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis. Populasi penelitian terdiri dari 109 siswa kelas VIII SMPN 10 Kupang, dan sampel yang diambil sebanyak 86 siswa. Data mengenai persepsi siswa terhadap karakteristik guru diperoleh melalui kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas X (persepsi siswa tentang karakteristik guru) dan variabel terikat Y (prestasi belajar matematika). Kontribusi variabel bebas X terhadap variabel terikat Y tercatat sebesar 53% dan 6,1%, dengan kontribusi gabungan sebesar 7,3%. Ini mengindikasikan bahwa persepsi siswa tentang karakteristik guru memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap karakteristik guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...