Tujuan penelitian yang bertopik untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bekasi, (2) Mendeskripsikan pengaruh media pop-up book terhadap peningkatkan hasil belajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode Participatory Action Research (PAR). Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dan diukur dari evaluasi siswa di siklus I dan siklus II.  (2) Penggunaan media pop-up book lebih menyenangkan karena medianya mudah digunakan dan dipahami oleh siswa, selain itu gambar pada media juga menggambarkan secara nyata. Para siswa menunjukkan antusiasme yang luar biasa terhadap kehadiran media pop-up book saat pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan tampilan buku media pop-up book lebih memberikan efek menarik dengan gambar 3 dimensinya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024