Journal of Islamic Studies
Vol 2 No 1 (2024): Journal of Islamic Studies (Juli)

PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH BEKASI

Fitriani, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian yang bertopik untuk (1) Mendeskripsikan penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bekasi, (2) Mendeskripsikan pengaruh media pop-up book terhadap peningkatkan hasil belajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode Participatory Action Research (PAR). Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dan diukur dari evaluasi siswa di siklus I dan siklus II.  (2) Penggunaan media pop-up book lebih menyenangkan karena medianya mudah digunakan dan dipahami oleh siswa, selain itu gambar pada media juga menggambarkan secara nyata. Para siswa menunjukkan antusiasme yang luar biasa terhadap kehadiran media pop-up book saat pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan tampilan buku media pop-up book lebih memberikan efek menarik dengan gambar 3 dimensinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal of Islamic Studies is managed and published by IAI Al-Zaytun Indonesia. JIS focus is related to the study of Islamic society which consists of Islamic Science and Civilization, Islamic thought, the Muslim community, Islamic philosophy, Islam and Peace, Islamic education, Islamic law, ...