Wirausaha melibatkan kemampuan kreatif dan inovatif untuk mengenali potensi dan selalu menerima masukan serta perubahan positif demi kemajuan perusahaan. Inovasi dan peluang dari seorang pengusaha dapat menghasilkan perspektif baru terhadap produk, memerlukan strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan strategi pemasaran agar produk dikenal oleh masyarakat. Metode analisis SWOT digunakan untuk memantau dan mengevaluasi lingkungan internal dan eksternal perusahaan dalam hubungannya dengan tujuan bisnis tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi produk UMKM Ayam Geprek Idola. Data diperoleh dari literatur dan jurnal sebagai sumber sekunder. Temuan penelitian menunjukkan bahwa analisis SWOT dapat memberikan wawasan yang dalam bagi pemangku kepentingan UMKM untuk mengambil tindakan guna mempertahankan keunggulan, memanfaatkan peluang yang ada, mengatasi kelemahan, dan menghindari ancaman.
Copyrights © 2024