Sebuah perusahaan dapat berkembang apabila meningkatkan jumlah penjualan produk yang dijual. Hal itu dapat dilakukan dengan penerapan strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan pada PT. Awan Kurniawan Corp yang berlokasi di Bandung sebagai perusahaan yang menjual madu budidaya hasil wilayah Jawa Barat. Perusahaan sudah melakukan ekspor ke beberapa negara seperti Singapura, Jepang, dan negara timur tengah lainnya melalui Ex-Works atau melalui perantara. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan ekspor dengan penerapan strategi yang tepat. Pada penelitian ini akan menggunakan Analisis SWOT dan Matriks QSPM dalam mengetahui bagaimana faktor internal (kekuatan & kelemahan) dan eksternal (peluang & ancaman) perusahaan serta bagaimana strategi yang tepat untuk diterapkan pada PT. Awan Kurniawan Corp. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi perusahaan berada pada sel I matriks IE yaitu mendukung strategi pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga, strategi yang paling tepat diterapkan oleh PT. Awan Kurniawan Corp adalah “Mengoptimalkan pemasaran online pada media sosial seperti instagram dan website dengan menampilkan kelebihan produk dan keunggulan perusahaan”. Kata Kunci : PT. Awan Kurniawan Corp, Ekspor, Analisis SWOT, Matriks QSPM
Copyrights © 2024