ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales growth, thin capitalization dan capital intensity terhadap tax avoidance. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa laporan keuangan perusahaan-perusahaan pada perusahaan makanan dan minuman sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2019 hingga tahun 2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2019 hingga tahun 2023 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dari setiap perusahaan yang telah dijadikan sampel penelitian.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Sales Growth (X1) sebagai variabel bebas pertama, Thin Capitalization (X2) sebagai variabel bebas kedua dan Capital Intensity (X3) sebagai variabel bebas ketiga serta Tax Avoidance (Y) sebagai variabel terikat. Metode regresi data panel digunakan sebagai metodologi penelitian menggunakan bantuan perangkat lunak Eviews 12 Student Version Lite. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model yang terbaik adalah Random Effect Model (REM). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Sales growth secara parsial berpengaruh terhadap Tax Avoidance, namun Thin Capitalization tidak berpengaruh terhadap Tax avoidance dan Capital Intensity tidak berpengaruh terhadap Tax Avoidance, dan secara simultan Sales Growth, Thin Capitalization dan Capital Intensity berpengaruh terhadap Tax Avoidance.Kata Kunci : Sales Growth; Thin Capitalization; Capital Intensity; Tax Avoidance ABSTRACTThis research aims to determine the effect of sales growth, thin capitalization and capital intensity on tax avoidance in food and beverage companies in the primary consumer goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2023. This research was conducted by analyzing the financial statements of companies in the in food and beverage companies in the primary on the Indonesia Stock Exchange (IDX) during the period 2019 to 2023. The sample used in this study was 35 food and beverage companies in the primary consumer goods sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the period from 2019 to 2023 using a purposive sampling technique. The data used in this study is secondary data in the form of financial reports from each company that has been used as a research sample. The variables used in this study are Sales Growth (X1) as the first independent variable, Thin Capitalization (X2) as the second independent variable, and Capital Intensity as the third independent variable and Tax Avoindace (Y) as the dependent variable. Panel data regression method is used as a research methodology in this study. Analysis of research results using the help of EViews 12 Student Version Lite software. The results showed that the best model is the Random Effect Model (REM). The results of this study indicate that Sales Growth partially has effects on the Tax Avoidance, Thin capitalization partially has no effect the Tax Avoidance, Capital Intensity partially has no effect on the Tax Avoidance, and simultaneously Sales Growth, Thin Capitalization, and Capital Intensity affects the Tax Avoidance.Keywords : Sales Growth; Thin Capitalization; Capital Intensity; Tax Avoidance.
Copyrights © 2024