Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 8 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI KRUPUK IKAN PAYUS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS UMKM ZUL FOOD)

Mukminin, Rismatul (Unknown)
Sobakh, Nurus (Unknown)
Nurhayati, Dies (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan strategi promosi terhadap kepuasan konsumen pada UMKM krupuk ikan payus Zul Food, yang saat ini mengalami persaingan ketat karena kurangnya kualitas produk dan strategi promosi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal dengan analisis deskriptif dan melibatkan 35 responden yang merupakan konsumen tetap krupuk ikan payus Zul Food. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, baik kualitas produk maupun strategi promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji F menunjukkan nilai 20,231 yang lebih besar dari F tabel sebesar 3,28, dan nilai signifikansi F sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dengan meningkatkan kualitas produk dan strategi promosi yang efektif, diharapkan krupuk ikan payus Zul Food dapat lebih dikenal dan disukai konsumen, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen.Kata kunci: Kualitas Produk ,Strategi Promosi ,Kepuasan Konsumen This study aims to analyze the effect of product quality and promotional strategy on consumer satisfaction in UMKM krupuk ikan payus Zul Food, which is currently experiencing tight competition due to lack of product quality and promotional strategy. This study uses a causal quantitative method with descriptive analysis and involves 35 respondents who are regular consumers of krupuk ikan payus Zul Food. The instrument used is a questionnaire, and the data is analyzed using multiple linear regression as well as classical assumption tests and hypothesis tests. The results of the study indicate that partially, both product quality and promotional strategy have a significant effect on consumer satisfaction. The F test shows a value of 20.231 which is greater than the F table of 3.28, and the significance value of F is 0.000 which is smaller than 0.05, which indicates that both variables simultaneously have a significant effect on consumer satisfaction. By improving product quality and effective promotional strategies, it is hoped that krupuk ikan payus Zul Food can be better known and liked by consumers, which ultimately increases consumer satisfaction and loyalty.Keywords: Product quality, promotional strategy, consumer satisfaction

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...