Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 8 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH KREATIVITAS WIRAUSAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KOPI ROBUSTA DI DESA LEMAHBANG KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN

Novitasari, Nella (Unknown)
Sangadji, Etta Mamang (Unknown)
Nunuk Indarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

Keberhasilan usaha kopi robusta di Desa Lemahbang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan sangat dipengaruhi oleh kreativitas wirausaha dan inovasi produk. Kreativitas wirausaha yang mencakup kemampuan mengidentifikasi peluang dan merancang strategi inovatif memungkinkan pelaku usaha untuk menciptakan produk kopi yang unik dan menarik, meningkatkan daya tarik pasar, serta memperkuat hubungan dengan pelanggan. Inovasi produk juga memainkan peran krusial dalam meningkatkan kualitas dan keunikan produk, yang berkontribusi pada kepuasan pelanggan dan perluasan pangsa pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan path analysis, melibatkan 45 responden dari populasi 180 pengusaha kopi robusta. Hasil analisis, yang melibatkan uji t dan uji F, menunjukkan bahwa baik kreativitas wirausaha maupun inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha kopi robusta, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kedua faktor tersebut dalam mencapai kesuksesan jangka panjang dalam industri kopi robusta.Kata kunci: Kreativitas Wirausaha, Inovasi Produk, Keberhasilan Usaha The success of the robusta coffee business in Lemahbang Village, Sukorejo District, Pasuruan Regency is greatly influenced by entrepreneurial creativity and product innovation. Entrepreneurial creativity, which includes the ability to identify opportunities and design innovative strategies, enables business actors to create unique and attractive coffee products, increase market appeal, and strengthen relationships with customers. Product innovation also plays a crucial role in improving product quality and uniqueness, which contributes to customer satisfaction and expanding market share. This study uses a quantitative approach with path analysis, involving 45 respondents from a population of 180 robusta coffee entrepreneurs. The results of the analysis, which involved t-tests and F-tests, showed that both entrepreneurial creativity and product innovation had a positive and significant effect on the success of the robusta coffee business, both partially and simultaneously. This study underlines the importance of both factors in achieving long-term success in the robusta coffee industry.Keywords: Entrepreneurial Creativity, Product Innovation, Business Success

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...