Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 8 No. 6 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH TESTIMONI DAN KUALITAS BARANG TERHADAP PEMBELIAN ONLINE MELALUI MARKETPLACE SHOPEE : (STUDI PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI)

Wulandari, Winarni (Unknown)
Nurhayati, Dies (Unknown)
Sobakh, Nurus (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pesat teknologi informasi yang memudahkan akses belanja online dan menciptakan tren baru dalam sistem perdagangan di Indonesia dan mancanegara. Universitas PGRI Wiranegara, dengan 252 mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang mayoritas generasi Z dan sudah akrab dengan dunia digital, dipilih sebagai lokasi penelitian. Penelitian ini menganalisis pengaruh testimoni pembeli secara simultan dan parsial terhadap pembelian online di Shopee. Dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling, 72 mahasiswa dipilih sebagai sampel. Uji validitas menggunakan produk moment Pearson, uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha, dan analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa testimoni pembeli dan kualitas barang berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian online di Shopee, dengan nilai F-hitung (39,599) lebih besar dari F-tabel (3,978) dan signifikansi (0,000) < 0,05. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 53,4% mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini menyimpulkan bahwa testimoni pembeli dan kualitas barang memainkan peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian online di kalangan mahasiswa.Kata kunci: Testimoni Pembeli, Kualitas Barang dan Pembelian Online This research is motivated by the rapid development of information technology that facilitates online shopping access and creates new trends in the trading system in Indonesia and abroad. Universitas PGRI Wiranegara, with 252 students of the Economic Education Study Program, the majority of whom are Generation Z and are already familiar with the digital world, was chosen as the research location. This study analyzes the influence of buyer testimonials simultaneously and partially on online purchases at Shopee. Using the Stratified Random Sampling technique, 72 students were selected as samples. Validity tests using Pearson's product moment, reliability tests with Cronbach Alpha, and data analysis was carried out using multiple linear regression. The results show that buyer testimonials and product quality have a positive and significant effect on online purchases at Shopee, with an F-count value (39.599) greater than the F-table (3.978) and significance (0.000) <0.05. The coefficient of determination (R Square) of 53.4% indicates that both variables have a significant effect on online purchasing decisions. This study concludes that buyer testimonials and product quality play an important role in influencing online purchasing decisions among students.Keywords: Buyer Testimonials, Quality of Goods and Online Purchases

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...