Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 8 No. 9 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI ATAS PENERIMAAN, PENGEMBALIAN DAN PELELANGAN BARANG JAMINAN PADA PT. PEGADAIAN (Persero) CABANG TRENGGALEK

Rizky Dwy Wahyuningtiyas (Unknown)
Mar’atus Solikah (Unknown)
Andy Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Abstrack Research at PT. Pegadaian (Persero) Trenggalek Branch aims to find out how the accounting information system for receiving, returning and auctioning collateral is implemented at PT. Pegadaian (Persero) Trenggalek Branch. This research was conducted with a qualitative approach and is a descriptive qualitative research type. The data collection procedure uses interview, observation and documentation techniques. The data obtained was in the form of primary data and secondary data and analyzed using reduction, data presentation and drawing conclusions. The conclusion from the results of this research shows that the functions related to PT. Pegadaian (Persero) Trenggalek Branch is not suitable. As the duties and responsibilities of each are clear, however, there is a dual position between the functions of the Unit Leader who doubles as an Estimator, the cashier doubles as administration and security simultaneously become customer service which is caused by a lack of Human Resources. The application of the accounting information system in the receipt and return of collateral is in accordance with theory, but the accounting information system for auctioning collateral is still not in accordance with theory because the documents used and the auctioneer are not in accordance with theory. Based on the research findings, it is recommended to recruit employees and improve the accounting information system for auctioning collateral. Keywords: Accounting Information System, Receipt of Collateral Goods, Return of Collateral Goods, Auction of Collateral Goods Abstrak Penelitian pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Trenggalek ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi atas penerimaan, pengembalian dan pelelangan barang jaminan yang diterapkan di PT. Pegadaian (persero) Cabang Trenggalek. Penelitian ini di lakukan dengan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang di peroleh berupa data primer dan data sekunder serta di analisis menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa fungsi yang terkait pada PT. Pegadaian (persero) Cabang Trenggalek kurang sesuai. Seperti tugas dan tanggungjawab masing – masing sudah jelas, namun terjadi perangkapan jabatan antara fungsi Pimpinan Unit merangkap menjadi Penaksir, kasir merangkap menjadi administrasi dan security merangkap menjadi customer service yang di sebabkan karena kurangnya Sumber Daya Manusia. Penerapan sistem informasi akuntansi pada bagian penerimaan dan pengembalian barang jaminan sudah sesuai dengan teori namun pada sistem informasi akuntansi pelelangan barang jaminan masih belum sesuai dengan teori karena dokumen – dokumen yang digunakan dan pelaku lelang belum sesuai dengan teori. Berdasarkan temuan hasil penelitian direkomendasikan untu perekrutan pegawai dan pembenahan sistem informasi akuntansi pelelangan barang jaminan. Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Penerimaan Barang Jaminan, Pengembalian Barang Jaminan, Pelelangan Barang Jaminan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...