Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kemampuan Pengelolaan Dana dan Gaya Hidup terhadap Prestasi Belajar mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) di Universitas PGRI Wiranegara Pasuruan, baik secara parsial maupun simultan. Pendidikan merupakan kunci penting dalam pembangunan manusia dan masyarakat, namun akses terhadap pendidikan berkualitas masih menjadi tantangan bagi banyak siswa dari keluarga kurang mampu. Program beasiswa KIP-K hadir sebagai solusi untuk membantu siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 124 mahasiswa pendidikan ekonomi, dan sampel diambil sebanyak 31 mahasiswa melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, terdapat pengaruh signifikan Kemampuan Pengelolaan Dana terhadap Prestasi Belajar, serta pengaruh signifikan Gaya Hidup terhadap Prestasi Belajar. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar mahasiswa.
Copyrights © 2024