Manfaat yang didapat dari studi ini ialah dapat mengevaluasi efek dari kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kinerja terhadap kepuasan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mengikuti program tugas belajar di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandar Lampung. Layanan yang diberikan oleh BKPSDM memainkan peran penting dalam mendukung program ini, yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme PNS. Faktor-faktor seperti kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kinerja diduga memiliki dampak signifikan terhadap tingkat kepuasan PNS selama menjalani tugas belajar. Penelitian berikut menjadikan survei kuantitatif sebagai metode, yaitu menyebarkan kuesioner kepada 101 PNS yang telah menerima surat tugas belajar pada tahun 2023. Faktor poin yang diukur di dalam penelitian ini meliputi kualitas pelayanan, kepercayaan, kinerja, dan kepuasan. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda untuk melihat pengaruh langsung dan simultan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kepercayaan, dan kinerja memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan PNS baik secara individu maupun keseluruhan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut dapat menjelaskan 75% variasi dalam tingkat kepuasan PNS. Berdasarkan temuan ini, BKPSDM disarankan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui peningkatan fasilitas, penambahan jumlah pegawai, serta meningkatkan kepercayaan melalui transparansi dan profesionalisme dalam mengelola program tugas belajar. Peningkatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepuasan PNS yang berpartisipasi dalam program tugas belajar.
Copyrights © 2024