Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 8 No 1 (2024): Vol.8,No.1,2024

Strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar di luxurious golf course view villas nusa dua bali

Dewi, Wayan Mia Cintya (Unknown)
Putri Sri, Anak Agung (Unknown)
Jamin Ariana, Ni Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Abstrak (Bahasa Indonesia) Penelitian ini dilakukan di Luxurious Golf Course View Villas Nusa Dua Bali yang berada di Kawasan Wisata Nusa Dua Lot S 5, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar dan program-program promosi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar. Villa ini mempunyai kebijakan khusus terkait pemesanan kamar baik melalui online maupun offline access yang sangat rendah, sehingga villa ini memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan tingkat hunian kamarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar dan mengetahui program-program promosi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar pada Luxurious Golf Course View Villas Nusa Dua Bali. Hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar adalah dengan menerapkan strategi SO (Strength Opportunities) yang bisa mengoptimalkan sumber daya dan kekuatan yang ada pada Luxurious Golf Course View Villas. Sedangkan program-program promosi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar adalah dengan menerapkan periklanan, personal selling, sales promotion, publicity, advertising, public relation, menentukan target penjualan atau pangsa pasar, menentukan biaya atau budget promosi, menentukan sistem yang diambil untuk melakukan promosi, melakukan evaluasi, direct marketing (penjualan lansgung), dan media luang ruang (out door). Program-program promosi ini dibagi menjadi faktor internal dimana pihak villa membuat program promosi melalui media online dan offline. Saran agar tingkat hunian kamar stabil adalah dengan meningkatkan occupancy yang tidak stabil di setiap tahun, di villa ini sangat kurang kebersihannya di area publik, kurangnya kemampuan karyawan villa dalam berbahasa asing selain Bahasa Inggris, promosi dan event yang diadakan di villa kurang bervariasi, ketika musim hujan tamu yang menginap sedikit, karena tidak bisa bermain golf. Kata-kata yang dipakai ketika mempromosikan suatu produk villa sebaiknya lebih menarik, sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk menginap. Kata kunci : Strategi Pemasaran, Program-Program Promosi, Analisis SWOT

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...