Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 8 No 1 (2024): Vol.8,No.1,2024

Persepsi konsumen terhadap kualitas makanan di sabeen restaurant the haven seminyak, bali pada era pandemi covid-19

Pradhana, I Putu Adi (Unknown)
Putri Sri, Anak Agung (Unknown)
Sutaguna, I Nyoman Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Abstrak Pentingnya kualitas makanan yang akan disajikan kepada konsumen agar menciptakan kesan yang positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas makanan di Sabeen Restaurant The Haven Seminyak, Bali dan untuk mengetahui proses penyimpanan bahan makanan perishable dan groceries pada Hot Kitchen di Sabeen Restaurant The Haven Seminyak, Bali. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Teknik penentuan informan yaitu Purposive Sampling. Teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Quota Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskirptif-kuantitatif dengan skala likert. Hasil penelitian ini dengan 11 indikator kualitas makanan yaitu Warna, Penampilan, Rasa, Bentuk, Porsi, Tekstur, Aroma, Tingkat Kematangan, Temperatur, Freshness, Presentation, Well Cooked, Variety Of Food didapat nilai keseluruhan penilaian adalah 3,65 yang berada pada rentang 3,41 – 4,20 yang berarti mendapatkan penilaian Setuju yaitu, Warna mendapatkan penilaian sangat setuju, Penampilan sangat setuju, Rasa sangat setuju, Bentuk mendapatkan penilaian setuju , Porsi sangat setuju, Tekstur sangat setuju, Aroma sangat setuju, Tingkat Kematangan sangat setuju, Temperatur sangat setuju, Freshness sangat setuju, Presentation sangat setuju, Well Cooked sangat setuju, Variety Of Food sangat setuju. Penyimpanan bahan makanan pada Hot Kitchen Sabeen Restaurant juga mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,8 yang berada pada rentang 4,21 – 5,00 yang berarti mendapatkan penilaian Sangat Setuju. Penyimpanan bahan makanan di Sabeen Restaurant menggunakan sistem FIFO (First In First Out). Saran yang dapat diberikan untuk pihak The Haven Seminyak, Bali adalah adanya penambahan kotak saran atau masukan pada area Sabeen Restaurant serta diadakannya pelatihan dan pemahaman kualitas makanan secara intensif untuk karyawan maupun trainee yang bekerja pada Sabeen Restaurant Seminyak. A. Kata Kunci : Persepsi, Konsumen, Kualitas Makanan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...