Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 8 No 1 (2024): Vol.8,No.1,2024

Pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan di pizza hut mall bali galleria

Pawani, Kadek Wina (Unknown)
Putri Sri, Anak Agung (Unknown)
Putra, Agus Muriawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Abstrak Kualitas makanan merupakan upaya restoran dalam meningkatkan minat pelanggan untuk datang berkunjung. Penelitian ini berlokasi di Pizza Hut Mall Bali Galeria dimana terjadi beberapa komplain terhadap kualitas makanan pada rentang tahun 2016 - 2020 keluhan ini disampaikan pelanggan di beberapa situs web. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan serta mengetahu variabel kualitas makanan yang paling memuaskan bagi pelanggan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, Dokumentasi, Studi Pustaka, serta penyebaran kuesioner. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability dan metode pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental dengan 100 responden dari pelanggan yang berkunjung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi deskriptif kuantitatif terkait analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi (r2), dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan SPSS 23 for windows, Skala Likert dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana memperoleh pola persamaan positif yaitu Y= 1.544 + 0,708. Hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai person correlation sebesar 0,782. Kemudian hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh hasil persentase sumbangan pengaruh Kualitas makanan tehadap Kepuasan pelanggan sebesar 61,2% dan 38.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas makanan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelangga. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas makanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan variabel higienis serta rasa menjadi faktor yang paling memuaskan bagi pelanggan. Kata Kunci: Kualitas Makanan, Kepuasan Pelanggan, Komplain, Pizza Hut Mall Bali Galeria

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...