Prabu Teknik adalah perusahaan yang berfokus dalam bidang penjualan sparepart elektronik dan jasa service atau pemeliharaan kerusakan pada barang elektronik seperti televisi, kipas angin dan peralatan elektronik lainnya serta menyediakan layanan service panggilan untuk perawatan mesin pendingin ruangan atau AC. Dalam melakukan transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik belum terkomputerisasi artinya masih mencatat semua transaksi yang terjadi kedalam buku rekap transaksi. Dimana hal itu dinilai dapat menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi dan beresiko kehilangan data. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada CV. Prabu Teknik dalam melakukan pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik yang diamati secara objektif, serta perancangan Penulis menggunakan rekayasa perangkat lunak berupa metode pengembangan prototype serta alat bantu perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML), yang terdiri dari use case diagram, activity diagram dan class diagram. Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membantu pegawai dalam menginput dan pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik. Dengan adanya aplikasi pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik diharapkan dapat memudahkan dan meminimalisir kesalahan dalam melakukan pengolahan data transaksi penjualan sparepart dan jasa service elektronik pada CV. Prabu Teknik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024