Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara
Vol 1 No 4 (2023): Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Nusantara

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SD NEGERI 02 TAJUR

Adri, Helmia Tasti (Unknown)
Febrian , Ronald (Unknown)
Dwi Agustina , Anggyta (Unknown)
Maryani , Novi (Unknown)
Mukhaladun , Wildatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Pengabdian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa dan fungsi perpustakaan yang belum begitu optimal. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana pengelolaan perpustakaan, dan bagaimana kondisi minat baca siswa dalam meningkatkan minat baca di SD Negeri 02 Tajur. Data hasil pengabdian dilaporakan melalui metode field research dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengabdian ini adalah model Miles dan Huberman. Kegaitan pegnabdian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 02 Tajur. Hasil pengabdian menunjukan bahwa minat baca siswa sangat rendah dikarenakan bebrapa factor termasuk dengan buku dan fasilitas perpustakaan yang sangat kurang. Di dalam pelaksanaan pengelolaan perpustakaan di SD Negeri 02 Tajur belum terlaksana dengan maksimal. Dalam pengabdian ini didapati bahwa ada banyak faktorĀ  yang mempengaruhi rendahnya minat baca siswa seperti: (1) dengan kurang memadainya fasilitas di dalam perpustakaan seperti sedikitnya terdapat buku bacaan di dalam perpustakaan, (2) sarana perpustakaan yang juga kurang memadai karna perpustakaan masih tergabung dengan ruang kepala sekolah dan tempat menyimpan nya alat-alat ekstrakulikuler di dalam ruang perpustakaan, (3) kurangnya pelayanan pada perpustakaan, dikarenakan kurangnya SDM yang ada di perpustakaan, dan ada beberapa upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan minat membaca siswa. Berdasarkan data yang dikumpulkan diperoleh kesimpulan bahwa sekolah belum secara optimal dalam upaya meningkatakan minat baca siswa melalui pengelolaan perpustakaan karena keterabatasan sarana dan biaya untuk mengimplementasikan semua program terkait pengelolaan perpustakaan yang baik dan sesuai standar. Namun sekolah telah mengupayakan pengelolaan melalui penempatan posisi perpustakaan yang strategis dan juga pemanfaatan ruang perpustakaan secara maksimal dan teratur. Sedangkan minat baca siswa cukup tinggi namun belum bisa terfasilitasi dengan baik oleh sekolah dengan kondisi perpustakaan yang ada namun sekolah telah megnupayakan beberapa hal untuk menignkatakan minat baca siswa melalui program pelibatan guru dan pengelolaa perpustakaan secara aktif serta juga mengalokasikan dana yang ada sebaik mungkin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pengmas

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal pemberdayaan masyarakat nusantara merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan hasil kegiatan pemberdayaan masayarakat nusantara yang telah dilakukan oleh dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan sehingga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi masyarakat nusantara. Jurnal pemberdayaan ...