Kawruh : Journal of Language Education, Literature and Local Culture
Vol. 3 No. 1 (2021)

Penerapan Teknik Parafrase Diary Tingkatkan Keterampilan Menulis Geguritan Pada Peserta Didik SMK

Wantoro, Arif Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis geguritan dan kualitas proses pembelajaran dengan penerapan teknik parafrase diary pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hasil penelitian adalah penerapan teknik parafrase diary dapat meningkatkan keterampilan dan  kualitas proses pembelajaran menulis geguritan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja peserta didik dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apersepsi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis geguritan dengan semangat, menciptakan geguritan yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan peserta didik dalam menulis geguritan dari pratindakan 38,7 % ke siklus 1 74,2%   meningkat 35,5% dan dari siklus 1  74,2% ke siklus 2  93,6% meningkat 19,4%. Kriteria ketuntasan minimal yang terdapat di SMKN 1 Jati Kabupaten Blora adalah 75.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kawruh

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kawruh Journal publishes all articles related to ideas or ideas, and research results in the fields of language education, literature and local ...