Studi ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi ekspor UMKM Indonesia. Dalam mengidentifikasi faktor tersebut, analisis ini menggunakan regresi logistik biner dimana variabel respon yang diteliti memiliki skala nominal yaitu 1 untuk UMKM ekspor dan 0 untuk yang belum pernah. Sementara variabel prediktor yang digunakan terdiri dari 2 bagian yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor di atas diukur dengan indikator yang dikembangkan dalam kuesioner. Berdasarkan hasil analisis regresi, terdapat 2 variabel signifikan yang berpengaruh terhadap kinerja UMKM, yaitu pengetahuan dan keterampilan ekspor UMKM (knowledge and skill) dan keinginan untuk ekspor (export motivation), yang keduanya merupakan faktor internal. Sementara itu, faktor eksternal tidak memberikan pengaruh secara signifikan dalam model regresi. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM Indonesia masih berada di tahapan inkubatif. Oleh karena itu, program pendampingan ekspor UMKM sebaiknya difokuskan pada penguatan internal untuk meningkatkan pengetahuan dan mendorong keinginan untuk ekspor diantaranya melalui pelatihan tata cara/prosedur ekspor, pendampingan izin usaha, sertifikasi produk, pelatihan label, serta menumbuhkan motivasi ekspor melalui perluasan success story dari perusahaan lain.
Copyrights © 2024