Kemajuan teknologi saat ini menjadikan suatu bandar udara memiliki strategi yang unggul dalam bersaing dimana strategi yang dilakukan akan lebih baik jika memfokuskan kepada kepuasan penumpang. Perkembangan suatu bandar udara dapat kita lihat dari fasilitas yang diberikan oleh bandar udara tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas ruang tunggu keberangkatan terhadap kepuasan penumpang dan seberapa besar pengaruh fasilitas ruang tunggu keberangkatan terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang yang berada di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang sejumlah 655.600. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan berupa uji instrument dan uji hipotesis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa fasilitas ruang tunggu keberangkatan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Pengaruh kontribusi variabel independent yaitu fasilitas ruang tunggu keberangkatan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan penumpang adalah sebesar 81,7%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh fasilitas ruang tunggu keberangkatan (X) terhadap kepuasan penumpang (Y) sebesar 81,7% dan sisanya 18,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Copyrights © 2024