Perubahan tren belanja masyrakat dari yang biasanya berbelanja secara offline menjadi online adalah ketika Covid-19 menyerang. Di mana semua aktivitas dibatasi oleh pemerintah bahkan ada beberapa yang menerapkan karantina mandiri. Pada masa-masa inilah produk-produk online shop mulai ramai diminati masyarakat dan sampai saat ini masih tetap eksis. Selain akibat dari covid 19, perubahan tren belanja yang terjadi di masyarakat juga merupakan akibat dari interaksi sosial dan keinginan masyarakat untuk berubah sehingga perubahan ini tidak bisa dihindarkan. Perubahan sosial dalam masyarakat ini berkaitan erat dengan teknologi dimana teknologi mempunyai peran yang sangat besar. Maraknya penjualan secara online memberikan dampak yang signifikan terhadap pedagang offline di MMTC terutama untuk pedagang pakaian dan kosmetik. Penjualan offline untuk barang kosmetik yang terjadi di MMTC mengalami pengurangan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif yaitu pengamatan (observasi), wawancara dan studi pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh munculnya toko online terhadap toko oofline. Adapun hasil yang didapat adalah dominasi toko online berpengaruh secara signifikan terhadap penurunan pendapatan toko offline di pasar raya MMTC.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024