JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya
Vol 9, No 1 (2024): Juni

PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Akuba, Ervina Haris (Unknown)
Abbas, Nurhayati (Unknown)
Ismail, Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu perubahan tersebut adalah meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research Development (RD)bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika yang layak dan praktis untuk materi operasi hitung pecahan di kelas V. Bahan ajar tersebut dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan four-D, namun penyebarannya hanya dilakukan secara terbatas di sekolah peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan siswa kelas V SDN No.09 Kota Barat, Kota Gorontalo. Hasil dari validasi materi dan ahli media menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria baik. Selain itu, hasil respon peserta didik terhadap e-modul tersebut juga positif, dengan rata-rata presentase 88%. Hal ini menunjukkan e-modul matematika pada materi operasi hitung pecahan ini sudah baik dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar pada materi operasi hitung pecahan di kelas V

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

silogisme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, adalah sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo (Unmuh Ponorogo) bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Ponorogo. ...