Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan karakteristik media pembelajaran alat peraga papan trigonometri (PANTRIGON) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes kemampuan pemahaman konsep. Validitas media yang dikembangkan memperoleh nilai 3,73 (sangat valid). Kepraktisan dengan observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,84% (tinggi) dan respon guru sangat positif dengan rata-rata persentase 93,75% dari kedua hasil analisis tersebut, sehingga media memenuhi kriteria praktis. Sedangkan kriteria keefektifan diperoleh dari hasil analisis observasi aktivitas peserta didik yaitu 77,5% dengan kategori baik, respon peserta didik terhadap media memberikan respon sangat positif dengan persentase 90,1%, dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep menunjukkan persentase 84% dengan kategori baik sekali, sehingga kriteria keefektifan terpenuhi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan alat peraga papan trigonometri layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024