Perkembangan teknologi yang pesat saat ini memberikan dampak besar terutama dalam bidang pendidikan. Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang cenderung menggunakan media konvensional seperti buku dan video, menghadapi tantangan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, pengembangan metode pembelajaran digital seperti teknologi Augmented Reality, menjadi relevan untuk perkembangan daya tarik pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan skema alur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Fokus pada penelitian yang mengembangkan aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran visualisasi perubahan wujud benda untuk siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk berupa perangkat lunak yang efektif dan dapat meningkatkan motivasi belajar serta pencapaian pada mata pelajaran IPA. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa pengujian ahli media menunjukan skor 77,3% dengan kategori layak. Ahli materi memberikan penilaian sebesar 88% dengan kategori sangat layak dan pengujian oleh responden menunjukan skor 79,5% sehingga dapat dikategorikan sebagai layak.
Copyrights © 2024