Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 5 No 01 (2023): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2023 - November 2023

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS X MA MODERN ARAFAH

Norhaslina (Unknown)
Erita, Selvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2023

Abstract

Salah satu hal penting dalam pembelajaran matematika yaitu pemahaman konsep matematis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk pangkat dan bentuk akar. Penelitian ini mengggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MAS Modern Arafah yang terdiri dari 10 siswa. Dari hasil tes soal kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, terdapat 4 siswa dengan persentasi 40% berada dalam kriteria tinggi, 2 siswa dengan persentasi 20% berada dalam kriteria sedang, dan 4 siswa dengan persentasi 40% berada dalam kriteria rendah. Dari hasil 3 indikator ditemukan bahwa pada indikator pertama terdapat 6 siswa menjawab benar dan 4 siswa lainnya menjawab dengan kurang tepat. Dalam indikator kedua terdapat 4 siswa menjawab benar, 4 siswa menjawab dengan kurang tepat dan 2 siswa menjawab salah. Dan pada indikator ketiga terdapat 3 siswa menjawab benar, 4 siswa menjawab dengan kurang tepat dan 2 siswa menjawab salah. Sehingga dari keseluruhan hasil tes soal kemampuan pemahaman matematis siswa didapatkan nilai rata-rata dari seluruh siswa sebesar 66 dengan nilai KKM 70. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X MAS Modern Arafah masih dalam kriteria sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...