Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2024): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Desember 2023 - Mei 2024

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II PADA TEMA 4 SUBTEMA 1 DENGAN MEDIA PECAHAN UANG

M. E. Nalle, Venci (Unknown)
L. Morib, Poniam (Unknown)
D. Djong, Kristoforus (Unknown)
B.N.Dosinaeng, Wilfridus (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Kelas II SD Negeri Oefoe pada tema 4 subtema 1 melalui penggunaan media pembelajaran pecahan uang. Subyek penelitiannya yaitu seluruh siswa Kelas II SDN Oefoe Kecamatan Rote Barat Tahun Pelajaran 2023/2024. Media uang yang digunakan yaitu uang logam pecahan seratus, dua ratus,lima ratus, dan seribu rupiah, serta uang kertas pecahan dua ribu,lima ribu dan seribu rupiah yang digunakan untuk mengajarkan materi nilai mata uang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan lima tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan ulang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: tes prestasi belajar siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa. Siklus dikatakan berhasil jika paling sedikit 70% siswa tuntas (memperoleh nilai tes minimal 65). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terjadi peningkatan skor persentase jumlah siswa yang tuntas yaitu 64,71%% pada Siklus I menjadi 100% pada Siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media pecahan uang telah berhasil di Siklus II. Penghitungan skor n-gain yang dilakukan memperoleh skor 0,31 sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika siswa dari Siklus I ke Siklus II dengan kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...