CITRAWIRA : JOURNAL OF ADVERTISING AND VISUAL COMMUNICATION
Vol. 5 No. 1 (2024)

Kampanye Peduli Sampah Plastik Melalui Desain Komunikasi Visual

Qana Fadhila , Adhara (Unknown)
Murtono, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

                                                                                                              Plastik merupakan komponen yang tidak dapat lepas dari kegiatan sehari-hari setiap manusia karena plastik memiliki sifat yang tidak mudah rusak. Hal ini menyebabkan meningkatnya produksi plastik yang mengakibatkan peningkatan jumlah sampah plastik yang dihasilkan dari tahun ke tahun. Diperlukan kampanye sosial yang dapat menyadarkan dan mengedukasi masyarakat tentang bahaya dan dampak penggunaan plastik sekali pakai, selain itu diperlukan iklan kampanye sosial yang optimal agar dapat menyadarkan masyarakat untuk memanejemen sampah plastik salah satunya dengan cara menumbuhkan perilaku mengurangi dan  kesadaran untuk mengelola plastik sekali pakai agar tidak menjadi sampah/limbah plastik. Perancangan kampanye menggunakan metode pengumpulan data, metode analisis data, kemudian menggunakan metode perancangan desain. Media kampanye berupa poster, infografis, media offline (poster, majalah, mural, digital ad), media online (instagram, facebook, press release), dan media pendukung merchandise (buku agenda, t-shirt, totebag, sikat gigi kayu, sedotan stainless stell, tumbler, sabun batang, cup portable, set alat makan dan lunch box). Kampanye ini diharapkan dapat menjadi media yang dapat membantu menyadarkan betapa pentingnya kesadaran untuk peduli terhadap sampah plastik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

citrawira

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus utama jurnal ini adalah untuk mempromosikan forum diskusi secara akademik global dan pertukaran interdisipliner maupun multidisiplin keilmuan dari para cendekiawan peneliti yang mengeksplorasi topik pada permasalahan periklanan dan komunikasi visual. Serial ini akan mendorong inovasi dan ...