Jurnal Riset Perbankan Syariah
Volume 3, No. 1, Juli 2024, Jurnal Riset Perbankan Syariah (JRPS)

Pengaruh Literasi, Minat, dan Demografi terhadap Keputusan Memilih Menjadi Nasabah Perbankan Syariah

Muchammad Oki Sudarman (Unknown)
Popon Srisusilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Abstrak. Berdasarkan uji parsial pada tabel dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (2,888 >1,984), sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi terhadap keputusan menjadi nasabah, lalu t hitung lebih besar daripada t tabel (2,291 >1,984), sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara minat terhadap keputusan menjadi nasabah, dan t hitung lebih kecil daripada t tabel (1,661<1,984), sehingga disimpulkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima, yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara demografi terhadap keputusan menjadi nasabah. Berdasarkan hasil pengujian secara bersama-sama menunjukan variabel literasi, minat, dan demografi berpengaruh terhadap variabel Y yaitu keputusan menjadi nasabah. Hal ini ditunjukan dengan tabel F hitung adalah 20,741 dengan tingkat signifikansi 0,000. Karena probabilitas 0,000 jauh lebih kecil dari 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi, minat, dan demografi terhadap keputusan menjadi nasabah. Abstract. Based on the partial test in the table, it can be concluded that the t count is greater than the t table (2.888 > 1.984), so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant influence between literacy on the decision to become a customer, so the t count is greater than the t table (2.291 > 1.984), so it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means there is a significant influence between interest and the decision to become a customer. a customer, and the calculated t is smaller than the t table (1.661 < 1.984), so it can be concluded that Ha is rejected and H0 is accepted, which means there is no significant influence between demographics on the decision to become a customer. Based on the test results together, it shows that literacy, interest and demographic variables have an influence on variable Y, namely the decision to become a customer. This is shown in table F count is 20.741 with a significance level of 0.000. Because the probability of 0.000 is much smaller than 0.05, there is a significant influence between literacy, interest and demographics on the decision to become a customer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JRPS

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Perbankan Syariah (JRPS) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review (direview secara tertutup) yang mempublikasikan kajian teoritik dan hasil riset terhadap isu empirik dalam sub kajian Perbankan Syariah. JRPS ini dipublikasikan pertamanya 2022 dengan eISSN ...