JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi)
Vol. 10 No. 2 (2024): April 2024

Pengaruh Kualitas Pelayanan Biro Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri Palembang)

Al-Zasiah, Al-Zasiah (Unknown)
Siti Komariah Hildayanti (Unknown)
Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Kualitas pelayanan dapat menjadi faktor yang mendorong perkembangan kampus serta membentuk hubungan yang erat dengan mahasiswa, karena tingginya kualitas pelayanan dapat menghasilkan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan Biro Administrasi Akademik yang terdiri dari variabel bukti fisik, kepedulian, kehandalan, daya tanggap dan jaminan terhadap kepuasan mahasiswa fakultas ekonomi universitas indo global mandiri Palembang secara parsial dan juga simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi yang terdiri dari program studi manajemen dan program studi akuntansi, jumlah sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 130 responden dengan menggunakan metode non probability sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 27. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan BAA fisik, kepedulian, kehandalan, daya tanggap dan jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UIGM Palembang (prob < 0,000 < alpha = 0,05), Dan hasil secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan BAA signifikan berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UIGM Palembang (prob < 0,000 < alpha = 0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jemsi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) is an electronic independent international scientific and academic journal that aims to publish scholars’ original and high-quality manuscripts and reports in all fields of business. JEMSI adheres to an open access policy to accelerate the ...