Rumah sakit adalah fasilitas kesehatan perorangan yang menawarkan berbagai layanan kesehatan, diantaranya rawat jalan dan rawat inap. Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang dibutuhkan setiap individu, dan dapat memuaskan individu tersebut. BPJS merupakan badan hukum yang dibuat untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pasien peserta BPJS dalam pelayanan kesehatan di RS Muhammadiyah Kota Bandung dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam secara lansung dengan informan terkait. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dilihat dari beberapa dimensi, yaitu tangibles (wujud nyata), responsiveness (daya tanggap), empathy (perhatian), reliability (keandalan), assurance (jaminan), menunjukan bahwa RS Muhammadiyah Kota Bandung telah memberikan pelayananan yang baik, namun masih terdapat beberapa area yang perlu diperhatikan seperti kebersihan toilet/kamar mandi, respon terhadap keluhan pasien, ketepatan waktu dalam pelayanan, dan ketepatan jadwal kunjungan dokter. Untuk dapat meningkatkan kepuasan pasien secara menyeluruh, pihak rumah sakit perlu rutin melakukan evaluasi dan peningkatan pada aspek-aspek tersebut..
Copyrights © 2024